About

Review Sika Viscocrete 8670 MN Superplasticizer


Kali ini saya berkesampatan untuk uji coba produk sika,  yaitu sika Viscocrete 8670 MN.  Produk ini termasuk superplasticiser tipe P.  Yaitu superplasticizer polycarboxylate.
Untuk mengingat kembali apa itu superplasticizer dan fungsinya,  silahkan anda baca di
Fungsi dan kegunaan superplasticizer pada Beton.
Kalau dilihat dari dosis yg dianjurkan pada brosurnya disebutkan untuk mencapai workability rendah dosis yang dibutuhkan adalah 0.3 % sampai dengan 0.8 % dari berat semen.  Dan untuk kebutuhan workability tinggi dengan W/c rendah maka dipakai dosis antara 0.8 %- 2.0%.

Admixture ini mempunyai berat jenis 1.073 kg/L.

Admixture ini dapat mengurangi penggunaan air sampai 30 %. Menghasilkan kuat tekan yg tinggi dan mengurangi permeabilitas beton.

Dan warna viscocrete 8670 MN adalah yellowish,  agak kuning atau seperti TEH.

Setelah saya uji coba produk ini pada mutu K-600 dengan dosis seperti yg disarankan yaitu antara 0.4-0.8%.  Didapatkan hasil yang  cukup bagus untuk pelaksanaan dilapangan.  Target slump tercapai,  dari slump 4 sampai slump flow 60 sesuai target yg diinginkan.
Sebaiknya sebelum menggunakan admixture dalam skala produksi, harus dilakukan trial dan uji coba sesuai dengan kondisi material pada masing-masing wilayah. Karena pengaruh material bisa memberikan hasil yang berbeda.

Sedikit tambahan, Sika indonesia merupakan perusahaan kimia konstruksi. Selain menyasar proyek besar,  sika juga banyak mengeluarkan produk untuk proyek skala menengah kebawah.  Lihat saja,  banyak produk sika yg dijual di dalam kemasan botol di supermarket bangunan.


2 Responses to "Review Sika Viscocrete 8670 MN Superplasticizer"

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel