About

BOX CULVERT



Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socketnya. Kegunaan spigot dan socketnya adalah untuk menjadikan box culvert ini kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah. Box Culvert ini umumnya digunakan untuk saluran drainase. Ukuran yang besar bisa digunakan sebagai  jembatan.

Keunggulan dari Box Culvert adalah :
  • Lebih ringan dalam pemasangan (install), karena ada 2 component yang terpisah, sehingga biaya alat install dapat ditekan.
  • Pemasangan lebih mudah dan lebih cepat
  • Terdapat Quick Lay Joint System (Plat besi joint) yang membuat struktur akan lebih kokoh dan kuat terhadap kemungkinan adanya penurunan setempat dari pondasi salah satu DUB.

Kualitas Bahan Baku


Syarat pembuatan beton berdasarkan SNI 03-6861.1-2002 (Spesifikasi Bahan Bangunan Bagian A, bahan bangunan Bukan Logam) Persyaratan agregat yang digunakan dalam pembuatan beton harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Berbutir tajam dan keras
2. Kekal, tidak pecah atau hancur oleh pengaruh cuaca (terik matahari dan hujan)
3. Tidak mengandung lumpur
4. Modulus halus butir sesuai dengan standart gradasi yang telah ditetapkan
5. Khusus untuk beton dengan tingkat keaweatan tinggi, agregat halus (pasir) harus tidak reaktif terhadap alkali
6. Agregat halus (pasir) dari pantai /laut boleh dipakai asalkan dengan petunjuk dan persetujuan dari lembaga pemeriksaa bahan-bahan yang diakui
Permalahan dan solusi  Box Culvert

APLIKASI PRODUK & FUNGSI BOX CULVERT
Box Culver sangat ideal diaplikasikan untuk kepentingan:

-Jembatan Sarana Lalu lintas


Produk Box Culvert dirancang untuk mendukung Beban lalu lintas jalan atau jembatan.

- Struktur Drainase

Bentuk dan ukuran box culvert sangat cocok untuk struktur dan pengaturan drainase sekala besar, yang dapat berdampak pada normaliasi pengairan. Termasuk untuk kepentingan aliran limbah sanitasi yang dapat dialirkan ke sungai terdekat

-Jembatan untuk pejalan kaki

Jenis beton precast ini merupakan salah satu jenis beton kuat terhadap tekanan atau beban sudah barang tentu cocok untuk jembatan yang digunakan untuk pejalan kaki pada media drainase yang sering dilalui oleh pejalan kaki

-Fasilitas Industri

Beton pracetak ini juga sering digunakan sebagai ducting (ruang sirkulasi) pada instalasi kabel listrik pabrik, penguapan, rongga udara dan lain-lain

-Sarana Terowongan

Fungsi lainnya adalah untuk sarana saluran air bersih, cabling terowongan (telephone, listrik), penggunanan box culvert terowongan biasa ditimbun dalam tanah agar terlindung dari hal-hal yang membahayangkan kehidupan, seperti sengatan setrum maupun gangguan binatang, karena fungsinya yang baik maka pembuatan box culvert sudah barang tentu tahan terhadap air dan api.

-Irigasi

RC Box Culvert yang memiliki ukuran tinggi dan kekuatan struktur terstandarisasi ini dapat berfungsi untuk kebutuhan irigasi atau saluran air pada tempat yang dilalui oleh kendaraan seperti pada jalan tol, sehingga air dapat mengalir sebagai mana mestinya
Pembuatan beton precast culvert ini diproduksi di bawah pengawasan ketat dan memiliki standar SNI maupun internasional.

  1. Pengangkutan Produk Box Culvert

Packing dalam proses pemuatan, penumpukan, dan pemasangan nya hendaknya dilakukan sesuai dengan petunjuk untuk menghindari kerusakan akibat penanganan yang tidak benar.
Pengangkatan (Loading/Unloading) Pengangkatan produk box culvert dengan menggunakan mobile crane maka diperlukan tali sling yang diikatkan pada lifting hole yang terdapat pada sisi box culvert.
Penumpukan/pemuatan posisi produk box culvert antara lapis di atas dan dibawah hendaknya dibuat sejajar agar posisinya rata dan untuk menghindari kerusakan, antara lapis satu dengan lainnya diberi balok kayu.
Pemuatan produk box culvert ke lokasi proyek menggunakan truk.

     2.  Pemasangan Box Culvert

Semua box culvert harus diperiksa dengan teliti terhadap retak-retak dan kerusakan-kerusakan lainnya ketika box culvert berada di atas galian, jika terjadi kerusakan box culvert segera diganti
Box culvert diangkat dan diletakkan sesuai dengan yang ditunjukkan gambar rencana menggunakan mobile crane.

Box culvert diletakkan secara perlahan di dasar galian yang telah diberi urugan pasir setebal 10 cm dan lantai kerja setebal 5 cm.

Untuk box culvert dengan kemiringan antara1/5 sampai dengan1/10, agar tidak terjadi pergeseran box culvert, maka pada sambungan harus diberi angkur dari beton yang ditanam pada kedalaman minimal 50 cm di bawah sambungan.

Apabila diperlukan pemotongan maka harus dikerjakan dengan rapi dan teliti tanpa menyebabkan kerusakan pada box culvert dan lapisan ujungnya harus dibuat halus.



Referensi :

www.calvaryabadi.com, bestananda.blogspot.co.id

0 Response to "BOX CULVERT"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel