About

Berbagai Analogi Tentang TEKNIK SIPIL VS ARSITEKTUR

Ilmubeton.com TEKNIK SIPIL dan Arsitektur  merupakan dua Hal yang saling berkaitan. Kedua Disiplin ilmu ini sama berorientasi rancang bangun konstruksi hanya saja fokus dan tahapannya berbeda. Banyak analogi yang muncul antara kedua disiplin ilmu ini. sebelum membahas lebih jauh, pertama-tama mari kita cari tahu dulu apa itu "Analogi"

Analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Analogi merupakan salah satu proses morfologi di mana dalam analogi, pembentukan kata baru dari kata yang telah ada. (wikipedia)
analogi/ana·lo·gi/ n 1 persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan; kias: 2 Ling kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk lain; 3 Mik sesuatu yang sama dalam bentuk, susunan, atau fungsi, tetapi berlainan asal-usulnya sehingga tidak ada hubungan kekerabatan; 4 Sas kesamaan sebagian ciri antara dua benda atau hal yang dapat dipakai untuk dasar perbandingan; (KBBI)
Banggalah anda menjadi Ahli Sipil
Banggalah anda menjadi Arsitek

Ilmu teknik sipil berfokus bagaimana bangunan gedung itu dibangun agar kuat terhadap berbagai kondisi beban atau situasi yang membahayakan, dan cukup kaku agar dapat berfungsi sebagaimana dikehendaki. Oleh sebab itu, setiap gambar yang dibuat untuk bangunan tersebut, melalui prosedur perhitungan yang sesuai dengan ilmu teknik sipil dan code yang berlaku. Ini tentu harus dapat dibuktikan secara eksak, antara satu orang dan orang lainnya dapat membuktikan secara rasional sehingga hampir tidak ada suatu ketetapan yang bersifat subyektif.

Ilmu arsitek pada sisi lain, meskipun juga membahas tentang gedung tersebut tetapi orientasinya berbeda, lebih kepada fungsi ketika bangunan itu ditempati oleh orang, dalam hal ini aspek yang penting adalah kenyamanan, keindahan, kebanggaan dalam memakai dan orang menyukainya untuk ditinggali. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan arsitek lebih banyak berdiskusi dengan ownernya, yang menentukan bentuk geometri dan tentunya sangat tahu budget.

Jadi, kedua hal tersebut antara TEKNIK SIPIL VS ARSITEKTUR Adalah 2 hal berbeda dan dalam satu ruang lingkup yang sama. Banyak timbul Berbagai macam analogi dikalangan masyarakat, baik itu masyarakat umum maupun Akademisi. Berikut contohnya,

1. Merupakan dua Sisi Koin yang berlainan sisi, tapi tetap dalam satu koin.


2.  Bagaikan segelas Kopi, KOPI VS GULA. Jika terasa enak dan mantap, maka kopinya yang akan dapat nama. pasti kopi ini dari impor, Kopi robusta atau arabika. Tapi jika kopinya terasa pahit, pasti karena kurang gula atau karena gulanya bukan gula asli atau merupakan gula banci. bukan cuma besi yang ada banci, tapi gula juga.

3. Seperti Adam dan Hawa.  Arsitek tanpa sipil bagaikan orang yang lumpuh. Sedangkan sipil tanpa arsitek, bagaikan orang buta.


4. Seperti sebuah motor, Teknik sipil membuat bagaimana agar motor itu bisa berjalan sampai ke tujuan dengan efisien. tidak adanya pemborosan bahan bakar dan mengoptimalkan mesin. Sedangkan arsitek bagaimana agar motor itu aerodinamis dan mempunyai artistik.


GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

1 Response to "Berbagai Analogi Tentang TEKNIK SIPIL VS ARSITEKTUR"

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel