About

7 Bangunan Beton dengan Masa Konstruksi Berabad-abad

1. Katedral Ulm (Jerman)

Menara gereja ini adalah yang tertinggi di dunia. Pembangunannya sepenuhnya dibiayai oleh warga lokal. Ini mungkin alasan utama lamanya masa pembangunan, yakni lebih dari 500 tahun. Katedral akhirnya selesai dibangun tahun 1980 dan menjadi monumen kota Ulm di selatan Jerman. Katedreal Ulm juga menjadi gereja protestan terbesar di Jerman.

Gereja Lutheran yang terletak di kota Ulm, Jerman. Sebelum pembangunan gereja Sagrada Familia di Barcelona diselesaikan, gereja ini adalah gereja tertinggi di dunia dan struktur ketinggi terempat yang dibangun sebelum abad ke-20. Tinggi menara gereja ini mencapai 161,5 m. Walaupun gereja ini kadang-kadang disebut "Katedral Ulm" karena ukurannya yang sangat besar, gereja ini bukanlah sebuah katedral karena tidak pernah menjadi kedudukan seorang uskup. Pembangunan Ulm Minster dimulai pada masa arsitektur Gothik, tetapi baru diselesaikan pada akhir abad ke-19. Untuk memanjat menara gereja ini, terdapat 768 anak tangga yang harus dinaiki. Di ketinggian 143 m terlihat pemandangan kota Ulm di Baden-W├╝rttemberg dan Neu-Ulm di Bayern.

2. Westminster Abbey (Inggris)

Raja dan ratu Inggris telah ditahbiskan disini sejak era William Sang Penakluk (1066-1087). Namun, sejarahnya dimulai lebih lama lagi. Di abad ke-7, gereja ini merupakan lokasi gereja bernama "West Minster". Tahun 1245, Westminter Abbey mulai dibangun di atas pondasi tersebut. Dua menara utamanya selesai dibangun 1745 - tepat 500 tahun kemudian.

Gereja ini punya sejarah panjang. Sejak 1066 pun, gereja ini menjadi tempat penobatan raja-raja Inggris. Penobatan pertama dilakukan pada Harold Godwinson dan William Sang Penakluk. Bukan hanya sebagai tempat penobatan para raja, tempat ini juga menjadi tempat persemayaman terakhir keluarga kerajaan.

3. Katedral Milan (Italia)

Simbol Milan ini adalah karya arsitektur Gothik paling penting di Italia: Katedral Basilika Santa Maria Nascente, atau lebih dikenal sebagai Katedral Milan. Pondasinya diletakkan tahun 1388. Banyak arsitek yang meneruskan konstruksinya sebelum dinyatakan tuntas tahun 1965. Proyek bangunan ini memakan waktu 577 tahun.

Katedral Milan berada di pusat sejarah Milan dan jalan-jalan kota menyebar keluar dari alun-alun tempatnya berada. Kunjungi katedral dengan berjalan kaki untuk melihat 135 puncak menaranya yang menjulang membelah angkasa. Gereja ini juga dihiasi dengan banyak hiasan ukiran monster penyembur air dan patung. Saksikan patung logam Madonna yang terkenal jauh di atas sana. Madonnina berada 354 kaki (108 meter) di atas ketinggian jalan dan dilapisi daun emas, membuatnya bersinar bila terkena sinar matahari.

4. Istana Malbork (Polandia)

Bangunan bata merah terbesar di Eropa ini membutuhkan waktu 700 tahun hingga selesai dibangun karena perubahan struktural yang terus terjadi, perang dan penjarahan, Terakhir lebih dari setengah kompleks istana hancur saat Perang Dunia II. Kini istana Malbork dilindungi sebagai situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu obyek wisata paling penting di Polandia.

5. Kremlin (Rusia) 

Kremlin di Moskow dikenal akan bata merahnya. Masa konstruksinya lebih dari 800 tahun. Berlokasi di pusat kota, kompleks bangunan ini menjadi kediaman tsar dan keluarganya di abad 16 dan 17 sebelum menjadi pusat pemerintahan di era Uni Soviet. Kini Kremlin menjadi museum dan dilindungi sebagai situs warisan dunia UNESCO. Kremlin kini juga menjadi lokasi rumah kepresidenan sejak tahun 1992 sekaligus lokasi pertemuan anggota kongres Rusia. Dinding luar memiliki serangkaian menara pengawas tinggi. Seperti dindingnya, menara tersebut dibangun dari batu bata merah dengan puncak berwarna hijau berbentuk khas. Pada tahun 1930, bintang merah ditambahkan ke bagian atas menara. Menara Kremlin dibangun pada akhir abad ke-15 oleh beberapa arsitek Italia. Pengunjung Kremlin biasanya masuk melalui menara Trinity yang terletak di ujung barat kompleks. Saat ini, kompleks Kremlin mencakup gedung kongres, kediaman presiden, Cathedral of the Assumption, dan gudang senjata bersejarah.

6. Wawel (Poland) 

Wawel di Krakow, Polandia, butuh waktu terlama. Masa konstruksi lebih dari 1000 tahun. Kompleks bangunan dulu menjadi kediaman raja-raja Polandia sejak abad ke-10. Abad demi abad, bangunan ini diperluas dan terus bertambah besar. Terakhir dilakukan abad lalu.

7. Stonehenge (Inggris)

 Tidak ada yang tahu persis, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun Stonehenge. Menurut peneliti, situs di selatan Inggris ini dibangun dalam beberapa fase setidaknya selama 1400 tahun. Pertanyaan yang belum terjawab adalah apa kegunaannya. Nama Stonehenge tersebut berasal dari bangunan itu sendiri, stone yang artinya batu dan henge artinya lingkaran, jadi memang monument batu tersebut berjajar membuat sebuah lingkaran

Selain bangunan tersebut, ada beberapa bangunan lain yang juga butuh waktu ratusan tahun. Penyebabnya? Kesempurnaan dan kurang dana?

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "7 Bangunan Beton dengan Masa Konstruksi Berabad-abad"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel