About

1 Praktisi Ternama dan 2 Situs Teknik sipil Terbaik di Indonesia Berbagi Tips Membuat dan Menjaga Mutu Beton Sesuai yang Diinginkan


Ada 1 pertanyaan besar yang saya yakin semua praktisi konstruksi  di dunia ini pasti ingin tahu jawabannya: Bagaimana sih caranya supaya dalam pembuatan beton,  mutu beton tercapai dan terjaga kualitasnya sesuai yang di inginkan?
Anda juga pasti demikian.
Kemudian mulailah mencari ilmu dan informasi dari pengalaman ahlinya .
Untuk itulah saya mewawancarai  Praktisi konstruksi terbaik di Indonesia dengan 1 pertanyaan ini:
“Apa strategi paling ampuh untuk membuat/menjaga beton sesuai mutu yang di inginkan?”
Dan berikut jawabannya.
Diurutkan berdasarkan waktu diterimanya jawaban dari tiap praktisi.

1.  Iwal Islamuddin (http://duniatekniksipil.web.id)




Untuk pertanyaan yang diajukan, berikut ini jawaban dari saya, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang masih sangat terbatas. Saya coba menjawab dengan bahasa sehari-hari aja ya, seperti yang saya lakukan di website DuniaTeknikSipil.

Strategi Yang Ampuh Untuk Menjaga Kualitas Beton
Ini bukan perkara mudah, karena seperti kita tau material beton adalah material bangunan yang hanya dibuat ketika diperlukan. Beda dengan baja, kayu, aluminium, dll yang materialnya sudah tersedia di pasar, kita tinggal pilih.

Makanya, menjaga kualitas beton memang susah-susah gampang. Tapi untungnya, kita sebenarnya ngga perlu pusing bin repot, karena segala hal tentang Beton sudah diatur di dalam SNI. 
Jadi, teorinya... kalau mau menjaga kualitas beton, kuncinya sederhana.. ikuti SNI :)
Mulai dari perencanaan (perhitungan & desain), kemudian persiapan mix design, tahap-tahap pengecoran, bahkan sampai beton sudah jadi pun harus diperlakukan sesuai SNI.

Tapi, pelaksanaannya ngga semudah itu. Kenapa? Karena ngga semua orang bisa mengikuti SNI. Ada yang memang ngga tau, ada yang karena keterbatasan di lapangan, ada juga yang masih pake ilmu warisan yang notabene hanya mengandalkan feeling dan gosip belaka, :)
Untuk proyek-proyek skala besar, seperti di jembatan, highrise building, proyek EPC, sudah ada prosedur khusus yang akan menjamin kualitas beton yang digunakan. SOP-nya jelas, tinggal diikuti saja.

Tapi untuk skala menengah ke bawah, sebenarnya bisa disiasati di tahap perencanaan, karena biasanya orang perencanaanlah yang paling sering buka-buka SNI. Kalau ada indikasi bahwa nantinya akan sulit mengontrol pelaksanaan, maka salah satu strategi yang bisa digunakan adalah meningkatkan angka keamanan desainnya. Sehingga, kalau terjadi penyimpangan dalah hal kualitas beton, itu sudah terprediksi oleh pihak perencana.

2. Wiryanto Dewobroto (wiryanto.Blog)
Penulis buku dan praktisi struktur baja.

Riset saya lebih banyak ke struktur baja atau struktur beton. Pertanyaan Bapak lebih ke teknologi beton.

Setahu saya terkait mutu beton tentu saja hal yang paling penting adalah komposisi dan mutu material. Untuk mencapai mutu Ini dapat dilakukan uji coba (Trial jmf dilaboratorium) . Jika trial sudah ok, maka untuk pelaksanaan,  yg penting faktor air semen dijaga dan waktu setting time. Ini kaitannya dengan waktu supply.
Banyak pekerjaan beton yang hasilnya rendah karena para pelaksana dilapangan menambah air untuk memperpanjang setting time.


3. Luthfi As-sholam ( www.ruang-sipil.com)

Untuk membuat beton sesuai mutu menurut saya yang paling penting adalah mix design dan pelaksanaannya. Untuk mix design bisa mengikuti peraturan dari SNI yang sudah ada. Dari mix design, biasanya hal yg sangat perlu diperhatikan adalah pemilihan material dan komposisinya. Kualitas material harus diketahui dengan baik agar sesuai dalam perhitungan mix design sehingga didapatkan kompisisi yang tepat dan kemudian dilaksanakan di lapangan. Selain itu, untuk berbagai kendala/masalah terkait mutu beton, bisa digunakan juga bahan tambah yg sudah banyak di pasaran.

Itulah semua tips dari para ahli!

Kesimpulannya,  menjaga mutu beton agar mutu terjaga adalah konsisten mengawasi W/C agar tetap sesuai rencana.  dilapangan hal ini lah yg paling sering berubah.  Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para praktisi konstruksi terbaik Indonesia yang bersedia meluangkan waktunya untuk diwawancarai.
Inilah semua tips yang anda butuhkan untuk membuat/menjaga mutu beton proyek anda sesuai yg anda inginkan.
Ingin berpartisipasi?
Apa tips membuat/menjaga mutu beton paling efektif menurut anda? Tuliskan melalui komentar di bawah.
Tips yang menarik dan bermanfaat akan saya sertakan dalam artikel ini.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "1 Praktisi Ternama dan 2 Situs Teknik sipil Terbaik di Indonesia Berbagi Tips Membuat dan Menjaga Mutu Beton Sesuai yang Diinginkan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel