About

PEMODELAN KOROSI PADA STRUKTUR BETON


Selimut beton (concrete cover) berfungsi untuk memberikan perlindungan pada baja tulangan terhadap bahaya korosi. Selimut beton dengan ketebalan yang cukup, kualitas yang baik dan padat merupakan pelindung fisik tulangan (dinding pembatas) terhadap serangan langsung garam. Sedangkan kondisi beton yang bersifat alkalin tinggi (pH> 13.0) merupakan pelindung yang bersifat kimiawi dari hraja
tulangan terhadap zat-zat yang korosif. Kondisi alkalin (basa) akan menyebabkan terbentuknya lapisan pelindung pasif pada permukaan baja tulangan. Korosi hanya akan terjadi bila lapisan pelindung ini rusak dan tersedia air dan oksigen dalam jumlah yang cukup pada permukaan logam. Lapisan ini akan rusak bila ada ion chlorida dalam jumlah yang cukup banyak pada permukaan baja tulangan.

Proses korosi baja tulangan pada struktur beton dapat dibedakan menjadi 2 (dua)tahapan, yaitu
 a)lnisiasi korosi (corrotion initiation)
b)Propagasi korosi (corrotion propagation).

Proses inisiasi korosi diawali dengan masuknya unsur chlorida (Cl ) kedalam beton melalui berbagai mekanisme (antara lain permeasi, difusi, absorpsi, isapan/aksi kapiler) dan mencapai posisi dimana baja tulangan berada. Dengan berjalannya waktu, konsentrasi chlorida pada baja tulangan akan semakin bertambah, hingga mencapai nilai konsentrasi kritis yang diperlukan untuk merusak lapisan pelindung pasif
pada permukaan baja tulangan. Bila tersedia oksigen (O2) dan air (HzO) pada permukaan logam dalam jumlah yang cukup maka akan terjadi proses korosi. Proses ini disajikan pada Gambar berikut.

Waktu yang diperlukan hingga terjadi permulaan proses korosi pada besi tulangan disebut waktu inisiasi korosi. Tahap selanjutnya dari proses korosi adalah proses pengurangan luas penampang tulangan akibat proses korosi. Tahap ini disebut propagasi korosi. Pada tahap ini mulai terjadi penurunan kapasitas penampang struktur beton bertulang. Secara skematis kedua tahap korosi dapat diterangkan pada Gambar  sebagai berikut:

1 Response to "PEMODELAN KOROSI PADA STRUKTUR BETON"

  1. Mantap nih arrikelnya gan kyaknya calon dirktur perbetonan hhee

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel