Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Menguji Dan Memeriksa Hasil Pekerjaan Perkerasan Beton Non Pasir (Beton Berpori)


Beton non-pasir dapat dirancang untuk mencapai kekuatan tekan mulai dari 2,8 - 28 MPa meskipun kekuatan 2,8 - 10 Mpa lebih umum dicapai. Mutu kekuatan tekan beton non-pasir, sebenarnya bukanlah tujuan utama yang harus dicapai, karena yang lebih utama dan menjadi karakteristiknya di sini adalah kadar pori beton (void content).

Penilaian mutunya biasanya didasarkan pada kepadatan produk lapis permukaan tersebut di lokasi, toleransi kepadatan beton segar adalah + 80 kg/m3

Nilai kepadatan ini harus diverifikasi melalui uji lapangan. Kepadatan segar beton non-pasir diukur dengan menggunakan metode jigging, tahapan selengkapnya dapat dibaca dalam ASTM C 29.

Pengukuran nilai slump dan pengujian kadar rongga udara udara tidak perlu dilakukan. jika beton non-pasir diaplikasikan untuk lapis permukaan jalan dengan untuk mengatasi genangan air, dalam proses perancangan dan produksinya harus dipastikan bahwa fungsi/ karakteristik porositas beton harus tercapai.

Ketebalan padat untuk lapis permukaan perkerasan beton non-pasir adalah 20-60 cm di atas lapisan pondasi atas (agregat bergradasi terbuka). Dalam masa operasionalnya, konstruksi lapis perkerasan beton non-pasir harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah penyumbatan.

Pembersihan dapat digunakan dengan cara menggunakan pompa vakum atau disemprot dengan air tekanan tinggi. meskipun beton non pasir dan tanah lapisan dasar mempunyai kemampuan, filtrasi yang sangat baik, tidak semua kontaminan dapat tersaring.

Dalam rangka menjaga kualitas air tanah. dianjurkan dilakukan pengujian berkala terhadap kualitas air hujan maupun aliran air permukaan.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Bagaimana Menguji Dan Memeriksa Hasil Pekerjaan Perkerasan Beton Non Pasir (Beton Berpori)"