About

7 Gedung Paling Tinggi di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?


Gedung adalah bangunan bertingkat yang biasanya digunakan manusia untuk melakukan aktivitas. Gedung bisa difungsikan menjadi beberapa macam seperti hotel, apartemen, kantor, pusat belanja dan masih banyak lagi.
Gedung memiliki tinggi yang bervariasi. Ada yang memiliki ketinggian yang biasa, ada juga yang memiliki ketinggi yang luar biasa yang biasanya disebut dengan gedung pencakar langit.
Dengan ketinggian yang luar biasa tersebut,  maka dapat dibayangkan mutu beton yang di pakai tentu harus mutu tinggi.
Kriteria-kriteria mengenai definisi dan penentuan Gedung tertinggi masih diperdebatkan hingga saat ini dan belum mencapai suatu kesepakatan. Salah satu Kriteria yang paling sering diperdebatkan adalah Tinggi Antena Telekomunikasi yang terdapat di atap gedung yang bersangkutan sehingga ketinggian gedung akan bertambah karena Antena tersebut. Tetapi pada umumnya, pemberitaan-pemberitaan terhadap gedung tertinggi oleh Media adalah memasukan Antena Telekomunikasi sebagai bagian dari Ketinggian Gedung dengan catatan Gedung-gedung tertinggi tersebut adalah dapat dipergunakan untuk Residensial (tempat tinggal), Bisnis  atau pusat perkantoran dan Hotel.
Daftar gedung tertinggi di dunia tidak akan selamanya tetap dan akan terus berubah seiring dengan perkembangan maupun pembangunan.  Bisa jadi suatu saat nanti gedung tertinggi di dunia itu ada di Indonesia,  bisa jadi.  Tapi sebelum itu kita lihat dulu daftar 7 gedung paling tinggi di dunia berikut ini.  Apa salah satunya ada di indonesia?
7.  CTF Finance Center, Tiongkok
Tinggi                                    : 530 Meter
Lantai                                    : 111 lantai
Diresmikan tahun            : 2016
Lokasi                                    : Guangzhou, China
Penggunaan                       : Perkantoran,Hotel, Residen
Pemilik                                 : Chow Tai Fook Enterprises
Gedung tinggi ini selesai di bangun pada tahun 2010 dan telah digunakan untuk berbagai hal seperti menjadi tempat untuk konferensi penting, obeservatorium, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran. Di lantai paling atas yaitu lantai 112, terdapat dek observasi.
6. One World Trade Center, Amerika Serikat
Setelah terjadi serangan teroris 11 September di World Trade Center, gedung ini kemudian dibangun kembali dengan ketinggian 1.776 kaki.
Terletak di pusat metropolitan, New York, One World Trade Center menjadi gedung paling tinggi di belahan bumi bagian barat. Gedung ini dibangun oleh perusahaan arsitektur yang sama, yaitu Skidmore, Owis & Merrill.
Tinggi                                    : 541,3 Meter
Lantai                                    : 94 lantai
Diresmikan tahun            : 2014
Lokasi                                    : New York, Amerika Serikat
Penggunaan                       : Perkantoran
Pemilik                                 : 1 World Trade Center LLC
5. Lotte World Tower, Korea Selatan
Lotte World Tower termasuk salah satu gedung tinggi baru yang masuk dalam daftar gedung tertinggi dunia. Sebab, pembangunan gedung ini baru selesai sepenuhnya pada Maret 2016 lalu. Meski demikian, gedung ini berhasil dinobatkan sebagai gedung tertinggi nomor 5 di dunia untuk saat ini.
Dibutuhkan waktu hingga 13 tahun persiapan dan perencanaan sebelum gedung ini benar-benar dibangun, sampai akhinya perencanaan pembangunannya disetujui oleh pemerintah pada 2010. Bangunan ini memiliki 123 lantai, 6 di antaranya berada di bawah tanah.
4. Ping An Finance Center, Tiongkok
Terdiri dari 115 lantai, gedung ini berlokasi di Shenzen, Provinsi Guandong. Bangunan dengan 1.965 kaki ini berisi kantor, pusat perbelanjaan, pusat konferensi, dan hotel bintang lima. Selain ketinggiannya, Ping An Finance Center dikenal dengan lift canggihnya yang mampu mencapai kecepatan hingga 10 mil per detik.
3. Abraj Al-Bait Clock Tower, Arab Saudi
Abraj Al-Bait yang berlokasi di Mekah, Saudi Arabia ini terdiri dari 120 lantai. Gedung ini lebih dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Terletak di selatan pintu masuk Masjidil Haram, Abraj Al-Bait memiliki tujuh Menara, dengan Menara tertingginya yaitu Hotel Tower yang khsuus digunakan untuk apartemen.
Di bawah Menara tertingginya, terdapat pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain seperti ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang. Dikerjakan mulai tahun 2004, butuh 8 tahun untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini.
Tinggi                                    : 601 Meter
Lantai                                   : 120 lantai
Diresmikan tahun            : 2012
Lokasi                                    : Mekah, Saudi Arabia
Penggunaan                       : Perkantoran, Hotel
Pemilik                                 : Saudi Bin Laden Group
2. Shanghai Tower, Tiongkok
Shanghai Tower yang memiliki 121 lantai ini merupakan gedung tertinggi kedua di dunia. Pembangunan Shanghai Tower dimulai pada tahun 2006 dan membutuhkan delapan tahun kerja sebelum akhirnya selesai pada Maret 2014. Total biaya pembangunannya mencapai 4,2 miliar dolar.
Bangunan setinggi 2.073 kaki ini dirancang untuk dijadikan hotel dan kantor. Shanghai Tower memiliki 1.100 tempat parkir dan 320 kamar hotel.
Tinggi                                    : 632 Meter
Lantai                                    : 128 lantai
Diresmikan tahun            : 2015
Lokasi                                    : Shanghai, China
Penggunaan                       : Perkantoran dan Hotel
Pemilik                                 : Shanghai Tower Construction and Development



1. Burj Khalifa
Tinggi                                    : 828 Meter
Lantai                                    : 163 lantai
Diresmikan tahun            : 2010
Lokasi                                    : Dubai, Emirat Arab
Penggunaan                       : Perkantoran, Hotel, Residen
Pemilik                                 : Emaar
Burj Khalifa awalnya lebih dikenal sebagai Burj Dubai dan menjadi gedung paling tinggi di dunia. Dengan ketinggian 2.712 kaki, gedung ini memiliki 163 lantai. Saking tingginya, saat Ramadan terdapat perbedaan waktu berbuka puasa di setiap lantai.
Gedung ini memiliki perancang yang sama dengan One World Trade Center yaitu Owings, Skidmore dan Merrill of Chicago. 
Bangunan ini merupakan proyek pemerintah Uni Emirat Arab untuk mengalihkan ekonomi negara dari yang awalnya hanya minyak, berekspansi kepariwisata. Selain menjadi gedung paling tinggi, Burj Khalifa juga memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60km/jam.
Itulah 7 gedung tertinggi di dunia,
Negara penyumbang paling banyak adalah Tiongkok.  Sedangkan di posisi pertama adalah Dubai. Lalu bagaimana Indonesia?
Gedung tertinggi di indonesia adalah



Gama Tower
Dimiliki PT Wahana Nusantara, gedung setinggi 285,5 meter ini terdiri dari 64 lantai. Hampir sepertiga dari Burj Khalifa.
Dikenal juga sebagai Menara Rasuna atau Cemindo Tower, Gama tower berada di Jalan HR. Rasuna Said Kavling C22.
Fungsinya saat ini adalah sebagai hotel dan perkantoran. Gama Tower juga telah mengantongi Greenship Gold.

1 Response to "7 Gedung Paling Tinggi di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk? "

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel