PEMERIKSAAN ZAT ORGANIK PADA AGREGAT HALUS BETON

Agregat halus yang digunakan pada campuran beton dapat berupa pasir alam sebagai disintegrasi alami dari batu-batuan (natural sand) atau pasir buatan (artificial sand) yang dihasilkan alat-alat pemecah batu.

Sebagai salah satu komponen beton, agregat halus yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat tertentu, salah satunya ialah pasir tidak boleh banyak mengandung bahan organik. Bahan-bahan organik seperti sisa-sisa tanaman dan humus umumnya banyak tercampur pada pasir alam. Apa saja standard agregat halus untuk beton ? Lebih lengkap dapat dilihat disini>>Parameter dan Standard Lengkap Agregat Halus (Pasir) untuk Beton

Adapun bahan-bahan organik ini berpengaruh negatif pada semen.Zat organik yang tercampur dapat membuat asam-asam organis dan zat lain bereaksi dengan semen yang sedang mengeras. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya kekuatan beton dan juga menghambat hidrasi semen sehingga proses pengerasan berlangsung lambat.

Kandungan bahan organik dalam agregat halus dibuktikan dengan pemeriksaan warna dari Abraham Harder (dengan memakai larutan NaOH).Pada pemeriksaan ini agregat halus atau pasir dimasukkan dalam jumlah tertentu kedalam botol dan ditambahkan dengan larutan NaOH 3%. Setelah mengalami beberapa proses dan didiamkan dalam jangka waktu yang ditetapkan, bandingkan warna campuran dengan warna standar hellige tester No. 3. Apabila warna campuran lebih tua berarti agregat halus mempunyai kadar organik yang tinggi (kotor)

Pada gambar diatas, botol pertama mengandung kadar organik rendah, dan botol yang paling kanan mengandung kadar lumpur yang tinggi.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "PEMERIKSAAN ZAT ORGANIK PADA AGREGAT HALUS BETON"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel