Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Review Superplasticizer Normet TamCem Sebagai bahan Tambah Admixture Beton

Review Superplasticizer Normet TamCem Sebagai bahan Tambah Admixture Beton
Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang Superplasticizer di Fungsi dan kegunaan superplasticizer pada Beton. Untuk lebih lengkap, maka kali ini saya juga akan mengulas dan mereview bahan tambah beton dengan Brand Normet TamCem.

Sebagai Batasan, saya hanya akan mereview 2 type dari bahan tambah beton Normet Tamcem sebagai berikut,
  1. Normet TamCem 12RA High Early Strength Concrete Admixture
  2. Normet TamCem 60RA New Generation High Early Strength Concrete Admixture
Bahan tambah tersebut berguna untuk meningkatkan mutu dan kualitas beton serta mengubah karakteristik beton sesuai yang diinginkan.

Normet TamCem 12RA High Early Strength Concrete Admixture

Normet TamCem 12RA High Early Strength Concrete Admixture
Normet TamCem 12RA High Early Strength Concrete Admixture
TamCem 12RA adalah bahan tambah superplasticizer untuk menambah kekuatan awal yang tinggi. Diformulasikan khusus untuk memberikan pengurangan air yang tinggi dan lebih besar, dan memiliki keuntungan dalam menghasilkan kekuatan awal yang tinggi. Cocok digunakan pada industri beton Pracetak dan beton dengan kebutuhan pembukaan/release cetakan moulding yang cepat.

Manfaat Utama

  1. Pengurangan air tinggi.
  2. flowability tinggi memungkinkan untuk memudahkan pengerjaan.
  3. kekuatan awal yang tinggi dapat diperoleh antara 8 jam dan 24 jam.
  4. beton berkekuatan tinggi.
  5. mengurangi atau mengganti curing steam.
  6. menghasilkan durabilitas tinggi.
  7. putaran cetakan lebih cepat karena cetakan bisa dibuka lebih cepat.

Data Teknis

Bentuk bahan tambah : Liquid (Cairan)
Warna :  coklat
Spesific Gravity :  1,22 – 1,28  pada 25 ° c

Dosis dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan desain campuran atau untuk memenuhi kondisi lokasi kerja tertentu. Percobaan campuran beton harus dilakukan untuk menentukan dosis yang tepat. TamCem 12RA dapat ditambahkan ke beton campuran atau ke air yang akan digunakan pada campuran beton

Semua data teknis yang tercantum di sini didasarkan pada pengujian yang dilakukan di bawah kondisi laboratorium.

Normet TamCem 60RA New Generation High Early Strength Concrete Admixture

TamCem 60RA
Bentuk : Liquid (Cairan)
Warna : Cenderung Jernih
Kepadatan : 1,04 ± 0,02  pada 25 ° c 
Dosis dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan desain campuran atau untuk memenuhi kondisi lokasi kerja tertentu. Percobaan campuran beton harus dilakukan untuk menentukan dosis yang tepat. TamCem 60 RA dapat ditambahkan ke beton campuran atau ke air pencampuran. Semua data teknis yang tercantum di sini berdasarkan tes yang dilakukan di bawah kondisi laboratorium.

Manfaat Utama

  1. pengurangan air yang sangat tinggi.
  2. flowability tinggi memungkinkan untuk memudahkan pengerjaan.
  3. kekuatan awal yang tinggi,  dapat diperoleh antara 8 jam dan 24 jam .
  4. menghemat biaya.
  5. dapat menggantikan steam curing.
  6. menghasilkan beton ketahanan tinggi.
  7. membuat release moulding lebih cepat.
  8. retensi slump yang baik.
Normet Tancem sebenanrnya masih memiliki banyak tipe dan jenis yang lain, yang peruntukannya sesuai dengan karakteristik mutu yang diinginkan. Untuk penambahan bahan tambah tersebut, tetap sangat disarankan untuk melakukan uji coba. Uji coba perlu dilakukan Karena karakter material yang cenderung berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lainnya.

Namun, sebagai referensi awal untuk melakukan ujicoba penggunaan kedua jenis bahan tambah tersebut diatas bisa dicoba dengan komposisi diantara range 0.5-1.5% terhadap berat semen yang dipakai.

Untuk pembuatan beton mutu tinggi, diantara kedua jenis bahan tambah tersebut, maka saya anjurkan untuk menggunakan Normet TamCem 60RA New Generation High Early Strength Concrete Admixture. Dengan pembuatan JMF yang baik dan material yang memenuhi standard, dan disertai dengan penambahan bahan tambah admixture maka akan menghasilkan beton berkekuatan tinggi.

Berikut ini adalah video pengujian kuat tekan dari penggunaan bahan tambah Normet TamCem 60RA, dimana hasil uji menunjukkan mutu beton sampai K1000,
Demikianlah review  Superplasticizer Normet TamCem Sebagai bahan Tambah Admixture Beton ini. Sebagai catatan untuk penggunaan sangat disarankan untuk melakukan uji coba sendiri. Apa yang tertulis diatas tadi hanyalah bisa dijadikan sebagai referensi awal untuk melakukan ujicoba. Terimakasih.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Review Superplasticizer Normet TamCem Sebagai bahan Tambah Admixture Beton"