Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Print Dokumen Menggunakan Wifi Printing | Printer Wifi Tanpa Kabel

Cara Print Dokumen Menggunakan Wifi Printing | Printer Wifi Tanpa Kabel
Kini jarak bukanlah sesuatu hal yang menakutkan lagi, baik itu jarak komunikasi antar individu maupun jarak antar alat yang akan digunakan. Dulu orang orang berkomunikasi menggunakan kabel sudah dianggap canggih, tapi kini hal tersebut sudah dianggap ketinggalan jaman karena dengan adanya perangkat telepon portabel atau yang biasa kita sebut handphone.

Pada saat ini untuk memprint sebuah dokumen juga tidak perlu lagi menggunakan kabel, cukup hanya dengan perangkat yang menggunakan dan support wifi sehingga kabel tidak diperlukan lagi untuk menghubungkan komputer ke printer. Bahkan printer yang support wifi juga memungkinkan untuk memprint langsung dari handphone android. Untuk cara memprint langsung dari hp android akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Jika biasanya pada saat akan memprint dokumen pada laptop atau komputer jika baru digunakan, maka kita harus menginstal driver yang sesuai dengan printer. Jika ganti printer, maka perlu mencari dan menginstal driver baru lagi,

Namun jika menggunakan printer wifi, maka hal ribet untuk menyesuaikan driver bisa diatasi, dengan adanya printer wireless maka hanya butuh koneksi jaringan wifi saja dari jarak jauh tanpa harus menghubungkan dan atau melepas kabel usb dari perangkat ke printer.

Printer Wi-Fi adalah jenis printer yang dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Printer ini memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen atau file dari perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama, seperti komputer, laptop, smartphone, atau tablet, tanpa perlu menggunakan kabel USB.

Dengan printer Wi-Fi, Anda dapat mencetak dokumen secara nirkabel dari berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan, bahkan jika perangkat tersebut tidak berada di dekat printer. Anda dapat mengirim perintah cetak ke printer melalui koneksi Wi-Fi, dan printer akan menerima perintah tersebut dan mencetak dokumen secara langsung.

Anda bisa dengan mudah mencetak berbagai jenis file mulai dari yang berbentuk Ms Office, PDF, JPG, Halaman Web dan lain sebagainya. Cara ini juga mendukung kebutuhan anda dalam mencetak dengan berbagai merek printer terkenal, tentunya yang sudah didukung sharing via koneksi Wifi atau LAN Misalnya Printer Canon, Epson, Brother, Dell, Lexmark, Fuji Xerox dan lain sebagainya. Selengkapnya anda bisa simak uraian lengkap Ngeprint yang mudah tanpa USB di bawah ini, Mari simak.

Menyalakan Akses Koneksi Wifi dari Printer dan Laptop Anda

Pastikan bahwa anda memiliki sebuah perangkat printer Wireless dan juga laptop yang dapat menangkap sinyal Wifi dari Perangkat lainnya. Selanjutnya, nyalakanlah akses Wifi dari Printer Wireless tersebut dan juga perangkat yang anda gunakan, semisal Laptop atau Komputer.

Misalnya pada printer wifi epson untuk mengaktifkan WiFi Direct silahkan tekan tombol OK disebelah layar panel printer (pilih tombol atas/bawah disetiap opsi menu pilihan yang dilanjutkan OK), lalu pilih:
Wi-Fi Setup > Wi-Fi Setup Wizard > Wi-Fi Direct Setup > Connection Setup > Start > Please wait..

Terlihat seperti gambar dibawah ini.
Menyalakan Akses Koneksi Wifi dari Printer dan Laptop Anda
Menyalakan Akses Koneksi Wifi dari Printer

Mengatur Setting untuk menghubungkan ke printer wireless

Langkah awal, buka lah windows lalu pilih “Devices And Printers”. Selanjutnya, Klik “Add Printer”. Proses ini tentunya dapat anda jalankan dengan sangat mudah , setelah itu klik “Add a network, wireless or Bluetooth Printer”. Kemudian, Proses pencarian printer wireless akan mulai berjalan.
Mengatur Setting untuk menghubungkan ke printer wireless
Devices and printers

Memilih Wireless yang ingin anda gunakan

Setelah terdeteksi, Maka berikutnya akan muncul nama Wireless printer yang sudah aktif, Anda tinggal memilih saja wireless printer yang anda miliki atau yang ingin anda gunakan. Selanjutnya Wireless Printer dan perangkat elektronik anda akan terhubung, lalu anda bisa memilih “Finish”.

Lakukan Uji Coba Mencetak

Untuk dapat mengetahui apakah koneksi dari Wireless dari kedua perangka ini berhasil atau tidak, anda bisa melakukan uji coba untuk melakukan tes print pada kertas bekas untuk menghemat kertas apabila terjadi kegagalan.

Apabila cara ini sukses , maka anda berhasil melakukan pengaturan koneksi wireless printer pada perangkat laptop yang anda punya tersebut. Namun, apabila tidak berhasil, anda dapat memeriksa kembali IP Wireless Printer anda itu.


Pada dasarnya, menggunakan printer wireless sama halnya dengan mouse atau keyboard yang sekarang kita jumpai tanpa kabel. Tentu dengan hal tersebut akan sangat memudahkan dan tidak ada lagi kabel kabel yang terjuntai yang bisa mengganggu anda. Demikianlah artikel pembahasan printer wifi ini, semoga dapat bermanfaat.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

2 comments for "Cara Print Dokumen Menggunakan Wifi Printing | Printer Wifi Tanpa Kabel"

  1. Appreciate your points and it well helpful, as well as for deciding upon some excellent subject in this printer areas and more peoples really wanted this information. hp deskjet wireless setup

    ReplyDelete
  2. Here you will know that how to boost your existing wifi range with linksys extender setup, now you wouldn't suffer from bad connection or dead zone networks at your home or work place. Our experts are there to tell you about it, call on our toll-free number for query.

    ReplyDelete