Pengertian Aanwijzing dalam Dunia Tender Konstruksi

Apa itu pengertian aanwijzing ? proses apa yang dilalui saat ada undangan aanwijzing ? Masih banyak pelaku konstruksi yang belum mengetahui apa sih sebenarnya pengertian aanwijzing itu. Aanwiijzing adalah kata kata atau istilah yang mungkin sering didengar para pelaku proyek konstruksi khususnya yang sering berkecimpung dalam tender proyek.

Tender adalah proses lelang untuk mengajukan penawaran dalam memborong suatu pekerjaan konstruksi ataupun dalam pengadaan barang dan jasa. Proses pelelangan tender sudah pernah kita bahas di 14 Proses Pelelangan Tender Dalam Jasa Konstruksi.

Dalam proses pelelangan tersebut sudah ada menyinggung tentang Aanwijzing. Dan pada proses tender mana aanwijzing tersebut diadakan. Aanwijzing ada pada tahap penjelesan lelang tender dimana setelah panitia menerbitkan pengumuman lelang, maka panitia lelang  akan mengadakan rapat penjelasan. Dalam rapat penjelasan ini panitia lelang dan peserta lelang akan membahas semua hal yang terkait dengan pelaksanaan pelelangan.

Aanwijzing merupakan istilah yang berasal dari bahasa Belanda. Bila diartikan secara harfiah, pengertian aanwijzing memiliki makna indikasi, instruksi, rekomendasi, penugasan, persiapan, dan lain-lain.

Bila kita kaitkan dengan dunia tender/lelang pengadaan barang/jasa, aanwijzing ialah salah satu proses dalam pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan oleh kelompok Kerja/Pejabat Pengadaan dilaksanakan paling cepat 3 hari sejak tanggal pengumuman dengan tujuan untuk memperjelas Dokumen Pengadaan Barang/Jasa

Aanwijzing ini akan membicarakan tentang detail pekerjaan/proyek yang akan ditenderkan. Oleh karenanya, aanwijzing merupakan salah satu proses penting yang wajib diikuti oleh peserta tender. Dengan tidak mengikuti aanwijzing, peserta tender dapat mengalami kesulitan dalam memahami proyek pengadaan barang/jasa yang akan diikuti. Akibatnya, bisa saja Penyedia/Rekanan tidak memenuhi ketentuan dokumen pengadaang barang/jasa yang disyaratkan karena miss dari penjelasan yang telah dilakukan dalam aanwijzing.

Dalam pemberian penjelasan (aanwijzing), materi penjelasan yang disampaikan oleh panitia lelang antara lain mencakup substansi:
  1. lingkup pekerjan;
  2. metoda pemilihan;
  3. persyaratan dan tata cara penyampaian Dokumen Penawaran;
  4. administrasi dan teknis;
  5. anggaran biaya;
  6. kerangka acuan kerja (KAK);
  7. kelengkapan yang harus dilampirkan bersama Dokumen Penawaran;
  8. jadwal batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran dan pembukaan Dokumen Penawaran;
  9. tata cara pembukaan Dokumen Penawaran;
  10. metoda evaluasi;
  11. hal-hal yang menggugurkan penawaran;
  12. jenis kontrak yang akan digunakan;
  13. ketentuan dan cara evaluasi berkenaan dengan preferensi harga atas penggunaan produksi dalam negeri (apabila diperlukan);
  14. ketentuan tentang penyesuaian harga;
  15. ketentuan dan cara sub kontrak sebagian pekerjaan kepada Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta koperasi kecil;
  16. besaran, masa berlaku dan penjamin yang dapat mengeluarkan jaminan; dan
  17. ketentuan tentang asuransi dan ketentuan lain yang dipersyaratkan.
Apabila dipandang perlu, Kelompok Kerja ULP dapat memberikan penjelasan lanjutan dengan cara melakukan peninjauan lapangan (Aanwijzing Lapangan).

Perlukah Hadir Untuk Ikut Aanwijzing ?

Disamping memberikan penjelasan, harus dibuka seluas-luasnya untuk melakukan tanya jawab antara penyedia dengan ULP/Pejabat Pengadaan sehingga peserta pemilihan penyedia mempunyai kesempatan untuk memahami dan mengerti tentang tata cara pemilihan dan spesifikasi teknis.

Prinsip-prinsip aturan main dalam pemberian penjelasan  (aanwijzing) ini adalah :
  1. Peserta boleh tidak hadir dalam tahap aanwijzing, walaupun demikian peserta yang tidak hadir harus mengikuti tambahan atau perubahan dokumen pengadaan yang disampaikan pada saat tahap ini.
  2. Seluruh acara pada pemberian penjelasan harus dituangkan dalam Berita Acara dan Berita Acara ini WAJIB disampaikan oleh ULP/Pejabat Pengadaan kepada SELURUH peserta baik yang hadir maupun yang tidak hadir.
  3. Berita Acara tersebut merupakan acuan yang juga harus diikuti oleh seluruh peserta dalam proses pelaksanaan pemilihan penyedia.
Mengabaikan kegiatan aanwijzing bisa berakibat fatal bagi calon Penyedia, yaitu dengan digugurkan sebagai peserta lelang karena tidak mengakomodir hal-hal yang telah disepakati bersama dalam aanwijzing meskipun secara substansi proposal yang diajukan sangat bagus.

Gugurnya penyedia bukan karena ketidakhadiran dalam tahap aanwijzing, tapi karena tidak memenuhi atau mengikuti perubahan dokumen dan hal lain yang dijelaskan pada saat aanwijzing. Kehadiran pada saat proses Aanwijzing memang penting, sehingga tidak ada ketinggalan pembaruan perubahan.

Berikut ini adalah contoh berita acara aanwijzing
Contoh Berita Acara Aanwijzing
Contoh Berita Acara Aanwijzing
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Aanwijzing dalam Dunia Tender Konstruksi. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Pengertian Aanwijzing dalam Dunia Tender Konstruksi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel