Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Macam Jenis Beton Beserta Kegunaannya

10 Macam Jenis Beton Beserta Kegunaannya
Beton adalah bahan bangunan yang terdiri dari berbagai material agregat penyusun dengan semen sebagai bahan pengikat yang menjadi satu kesatuan. Beton banyak dipilih sebagai bahan bangunan karena memiliki kekuatan yang kokoh, permukaan rata serta bertekstur halus.

Biaya pembuatan konstruksi beton jauh lebih murah dengan kekuatan yang sama dibandingkan dengan konstruksi besi dan baja. Karenanya beton adalah bahan yang paling sering ditemui dalam sebuah konstruksi bangunan.

Ada banyak berbagai jenis beton yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dan jenis kegunaannya. Kali ini kita akan membahas 10 macam jenis beton beserta kegunaannya. simak 10 macam jenis beton dan kegunaannya di bawah ini!

Beton Mortar

mortar
Mortar
Sama seperti yang sudah dijelaskan di Perbedaan Pasta Semen, Mortar dan Beton Bahan baku pembuatan beton mortar terdiri campuran dari semen, pasir dan batu kapur (limestone). Ada tiga ragam mortar yang sering digunakan antara lain semen, kapur, dan agregat halus. Beton ini memiliki kekuatan tarik dan daktilitas yang baik. Jika di campur air, adonan ini lebih kental dan pekat di banding beton atau concrete.

Mortar sering di gunakan untuk melekatkan benda seperti bata atau batu agar menyatu. Komposisi mortar biasanyaadalah 1 semen : 4-8 pasir. Dipasaran juga tersedia mortar instan yang dijual per sak, masing masing pabrikan juga sudah menambahkan zat adiktif tambahan untuk meningkatkan kualitas dari beton mortar tersebut.

Beton Ringan

baliton sebagai beton ringan
baliton sebagai beton ringan
Sesuai namanya, Lightweight Concrete atau beton ringan dibuat dengan memakai agregat yang berbobot ringan atau juga kerap menambahkan zat aditif sejenis foam agent yang bisa membentuk gelembung-gelembung udara di dalam beton.

Bata ringan sebagai salah satu penerapan beton ringan sudah pernah kita bahas di Mengenal Bata ringan Dan Jenisnya sedangkan untuk proses pembuatannya ada di Proses Pembuatan bata ringan lightweight concrete block.

Semakin banyak jumlah gelembung udara yang tersimpan pada beton, maka pori-porinya pun akan semakin bertambah sehingga ukurannya juga bakal kian membesar. Hasilnya, bobot beton tersebut lebih ringan daripada beton lain yang memiliki ukuran sama persis.

Penerapan beton ringan juga diaplikasikan di Baliton-Balok lantai Beton yang dibahas di Inovasi Cor Mudah Dengan Baliton-CLC (Balok Lantai Beton - Cellular Lightweight Concrete). Sedangkan beton ringan dengan memakai agregat yang lebih ringan adalah seperti Batako Styrofoam yang juga sudah kita bahas di Batako Styrofoam Memanfaatkan Limbah Untuk Bangunan.

Beton ringan biasanya diaplikasikan pada dinding non-struktur dan berat jenisnya tak lebih dari 1900 kg/m3. Bahkan bobotnya bisa mencapai 400 kg/m3 seperti yang diterapkan pada bata ringan CLC maupun AAC.

Beton Non-Pasir

beton non pasir
beton non pasir
Beton tanpa pasir atau sedikit pasir juga dikenal dengan beton porous atau beton pervious. Proses pembuatan beton non-pasir  sama sekali tidak menggunakan pasir, melainkan hanya kerikil, semen, dan air. Hal ini menyebabkan terbentuknya rongga udara di celah-celah kerikil sehingga total berat jenisnya pun lebih rendah. Karena tidak memakai pasir, kebutuhan semen pada beton ini juga lebih sedikit.

Beton Pervious sudah pernah dibahas pada Beton Berpori Sekam Padi Untuk Meminimalisir Banjir dan Cara Kerja Beton Berpori Untuk Meminimalisasi Banjir. Sedangka cara pengujiaannya diulas di Menguji Dan Memeriksa Hasil Pekerjaan Perkerasan Beton Non Pasir (Beton Berpori).

Penggunaan beton non-pasir misalnya pada struktur ringan, kolom, batako, pagar beton, rabat beton serta buis beton. Beton ini juga berguna untuk meciptakan beton dengan permeabilitas tinggi yang dapat mengalirkan air ke lapisan bawahnya. Berat jenisnya sendiri berkisar antara 1963,04 kg/m3 hingga 2047,34 kg/m3

Beton Hampa

Beton hampa vacuum concrete
Sistem pembuata beton hampa
Beton ini khusus untuk bangunan konstruksi dengan spesifikasi khusus. Disebut hampa karena dalam pembuatannya dilakukan penyedotan air pengencer adukan beton memakai alat vacuum khusus. Akibatnya beton pun hanya mengandung air yang telah bereaksi dengan semen saja sehingga memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Tak heran, beton hampa banyak sekali dimanfaatkan dalam pendirian bangunan-bangunan pencakar langit.

Beton Bertulang

Rangkaian Beton bertulang
Rangkaian Beton Bertulang
Beton bertulang tercipta dari perpaduan adukan beton dan tulangan baja. Perlu diketahui, beton mempunyai sifat kuat terhadap gaya tekan, tetapi lemah dengan gaya tarik. Oleh karena itu, tulangan baja sengaja ditanamkan ke dalamnya agar kekuatan beton tersebut terhadap gaya tarik meningkat.

Beton bertulang adalah konstruksi yang sudah sangat umum digunakan didalam berbagai proyek konstruksi. Beton bertulang biasanya dipasang pada struktur bentang lebar seperti pelat lantai, kolom bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya.

Beton Pra-Tegang

box girder sebagai salah satu beton prategang
Beton Prategang
Pada dasarnya, pembuatan beton pra-tegang mirip sekali dengan beton bertulang. Perbedaannya hanyalah terletak pada tulangan baja yang bakal dimasukkan ke beton harus ditegangkan terlebih dahulu. Pembahasan tentang beton prategang secara luas ada di Mengenal beton prategang di dalam sebuah konstruksi.

Tulangan yang diberikan adalah tulangan khusus seperti pc bar, pc wire atau pc strand. Ulasan lengkap tentang Pc bar, Pc wire dan Pc Strand bisa dilihat di Mengenal Pc Wire, PC Bar dan Pc Strand dalam Industri Beton Pratekan Tujuannya supaya beton tidak mengalami keretakan walaupun menahan beban lenturan yang besar. Penerapan beton pra-tegang juga banyak dilakukan untuk menyangga struktur bangunan bentang lebar.

Beton Pra-Cetak

beton pracetak
beton pracetak
Beton yang dicetak di luar area pengerjaan proyek pembangunan disebut beton pra-cetak atau lebih dikenal dengan industri precast. Beton ini memang sengaja dibuat di tempat lain agar kualitasnya lebih baik. Selain itu, pemilihan beton tersebut juga kerap didasari pada sempitnya lokasi proyek dan tidak adanya tenaga yang tersedia. Beton pra-cetak biasanya diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan dan pengadaan material. Daftar perusahaan industri beton pracetak bisa anda lihat di Daftar Perusahaan Beton Pracetak (Precast Concrete) di Indonesia.

Beton Massa

beton massa
Beton massa
Beton massa yaitu beton yang dibuat dalam jumlah yang cukup banyak. Penuangan beton ini juga sangat besar di atas kebutuhan rata-rata. Begitu pula dengan perbandingan antara volume dan luas permukaannya pun sangat tinggi. Pada umumnya, beton massa memiliki dimensi yang berukuran lebih dari 60 cm. Beton ini banyak diaplikasikan pada pembuatan pondasi besar, pilar bangunan, dan bendungan.

Salah satu pekerjaan beton massa adalah pada proyek konstruksi Raft Foundation yang bisa anda baca di Mass Concrete Sebagai Metode Pengecoran Pada Raft Foundation.

Beton Siklop (Cyclop Concrete)

Beton Siklop (Cyclop Concrete)
Beton Siklop (Cyclop Concrete)
Beton siklop merupakan beton yang menggunakan agregat cukup besar sebagai bahan pengisi tambahannya. Ukuran penampang agregat tersebut berkisar antara 15-20 cm. Bahan ini lantas ditambahkan ke adukan beton normal sehingga dapat meningkatkan kekuatannya. Beton siklop seringkali dibangun pada bendungan, jembatan, dan bangunan air lainnya.

Beton Serat

beton serat fibre
beton serat
Secara prinsip, beton serat dibuat dengan menambahkan serat-serat tertentu ke dalam adukan beton. Contoh-contoh serat yang lumrah dipakai di antaranya asbestos, plastik, kawat baja, hingga tumbuh-tumbuhan. Penambahan serat dimaksudkan untuk menaikkan daktailitas pada beton tersebut sehingga tidak mudah mengalami keretakan.

Demikianlah 10 Macam Jenis Beton Beserta Kegunaannya, Semoga bermanfaat.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "10 Macam Jenis Beton Beserta Kegunaannya"