Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berat Jenis Besi Tulangan Beton Dan Cara Menghitung Berat Besi

Berat Jenis Besi Tulangan Beton Dan Cara Menghitung Berat Besi
Besi beton merupakan bahan material beton sebagai tulangan untuk membentuk struktur beton bertulang. Dalam suatu proyek ataupun pembangunan struktur tentu butuh perencanaan, dalam perencanaan akan dibutuhkan berat besi tulangan beton yang dibutuhkan.

Selain itu berat besi beton juga dibutuhkan untuk pembobotan pekerjaan struktur. volume pekerjaan dari besi dihitung dari berat yang sudah selesai terpasang.

Lalu pada saat membeli besi beton di toko atau supplier besi beton jika membeli dalam jumlah banyak, maka dasar perhitungan adalah berat tonase. Tentu perlu mengkonversi kebutuhan besi beton kedalam berat yang dibutuhkan.

Terlepas dari berbagai tujuan kebutuhan penggunaan berat besi beton diatas, maka kali ini kita akan membahas cara menghitung berat besi beton. Untuk standard besi beton sudah pernah kita ulas di >> Standard Besi Tulangan Beton Sebagai Bagian Dari Beton Bertulang.

Berat Jenis Besi

Berapa berat jenis besi ? Berat jenis baja tulangan adalah 7850 Kg/m³. Itu artinya dalam 1 meter cubic besi tulangan memiliki berat 7850 kg atau 7,85 Ton. Berat tersebut lebih dari 7 kali lipat berat jenis air dimana dalam satu kubik air beratnya hanya 1 ton.

Berat jenis besi sebenarnya bervariasi ada di antara 7.7 g/cm3 atau 7700 Kg/m3 sampai dengan 8.0 g/cm3 atau 8000 kg/m3. Pada American Iron and Steel Institute (AISI) berat jenis steels carbon juga bervariasi namun umumnya ada pada 7,870 g/cm³ dan pada AISI 1040 adalah 7845 g/cm³. Berat jenis besi berdasarkan unsur logam Fe adalah 7,874 g/cm³ atau 7874 kg/m3.

Namun untuk kepentingan desain struktur, umumnya berat jenis besi yang dipakai adalah 7850 Kg/m3 berdasarkan ASTM A36.

Menghitung Berat Besi Beton dari Tabel SNI

Pada  SNI 07-2052-2002 telah disebutkan berapa berat besi beton, adapun tabel tersebut adalah sebagai berikut
tabel berat besi beton polos plain SNI
tabel berat besi beton polos plain SNI

tabel berat besi beton ulir/deformed SNI
tabel berat besi beton ulir/deformed SNI
Misalkan besi beton D16 Polos diketahui panjangnya 300 m, maka berat besi tersebut adalah 300 x 1,580 maka hasilnya adalah 474 kg nilai 1,580 diambil dari tabel sni diatas. Begitu juga jika ingin mengetahui berat besi yang lainnya.

Cara Menghitung Berat Besi Beton Tanpa Tabel

Pada prinsip dasarnya, untuk menghitung berat besi dan perbandingan volumenya didapatkan dari Rumus asal volume tabung (m3) dikali dengan berat jenis baja (kg/m3).

Volume tabung = 0,25 x π x D^2 x T

Berat besi beton per 1 m = 0,25 x π x D^2 x 1 x BJ
Dimana :
D   : diameter (m)
T   : tinggi (m), maka dalam hal besi beton adalah panjang (m)
BJ : berat jenis baja (kg/m3)

Penjabaran rumus :
Berat besi beton per 1 m = 0.25 x π x D^2 x 7,850  m2.kg/m3
                                        = 6,165 x D^2                   mm2.kg/(m.mm2.10^6)
                                        = 6,165 x D^2 / 10^6        kg/m
                                        = 0.006165 x D^2              kg/m

Dibulatkan 0.006165 x D^2.

sebagai catatan, nilai  π adalah 3,1415926 karena jika hanya digunakan dengan ketelitian 3,14 maka hasilnya akan kurang memuaskan, karena berat jenis sampai ribuan, maka setidaknya gunakan 4 angka dibelakang koma.

Contoh perhitungan :
Besi beton diameter 10 mm, berapakah berat per m ?

Berat besi per m               = 0.006165 x 10 x 10
                                          = 0.6165 kg/m

Jika dilihat pada tabel SNI, berat besi D10 adalah 0,617 kg/m, Tidak berbeda bukan ?

Kemudian jika ingin mengetahui berapa berat dari besi beton diameter 10 yang setelah dihitung butuh sepanjang 800 meter ? bisa dihitung langsung dengan mengalikan 800 x  0.6165 kg/m.

Namun jika kembali ke rumus sebelumnya, maka bisa dihitung dengan   = 0.006165 x D x D x L

Dari rumus inilah yang perlu diingat dilapangan jika butuh perhitungan mendadak berapa berat besi beton.

Besi dengan diameter berapapun, Jika panjangnya sudah diketahui, beratnya dapat dicari dengan memasukkan nilai diameter ke dalam rumus  0.006165 x D x D x L

misalnya besi diameter D 16 panjangnya 12 meter maka beratnya,
 0.006165 x 16 x 16 x 12 = 18, 938 Kg

Demikianlah cara menghitung berat besi beton dengan tabel ataupun dengan rumus, Artikel lainnya yang berhubungan dengan Besi tulangan beton bisa anda baca pada berikut ini,
  1. Standard spesifikasi teknis besi tulangan beton >Standard Besi Tulangan Beton Sebagai Bagian Dari Beton Bertulang.
  2. Mengenal Besi Wiremesh dan Spesifikasinya
  3. Standard Tulangan Beton Prestress & Prategang Mengenal Pc Wire, PC Bar dan Pc Strand dalam Industri Beton Pratekan
  4. Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI Terbaru
Akhir kata, semoga bermanfaat !
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

10 comments for "Berat Jenis Besi Tulangan Beton Dan Cara Menghitung Berat Besi"

  1. Oh bgtuh yah cara menghitungya,kalau pakai aplikasi bisa ndak broo,dan kalau bisa apa nama aplikasinya,menghitung manual agak susah kayaknya..
    Si

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cenderung relatif sederhana, saya biasanya membuat diexcel saja pak, belum pernah mencari aplikasi.

      Delete
  2. tabel besi tu sumbernya dari mana bg.. dan tahun berapa bg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada artikel sudah disebutkan, SNI 07-2052-2002. Filenya bisa didownload di https://www.ilmubeton.com/2018/08/SNITEKNIKSIPIL.html

      Delete
  3. Diameter masih dalam satuan mm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada contoh perhitungan terakhir Diameternya benar masih dalam satuan mm,

      Delete
  4. Tabelnya masih valid sampai tahun 2021 ini ya pak ? Izin menjadikan refrensi rumus menghitung besi beton tanpa tabel ya pak. .Sumber saya sertakan pada artikel harga besi beton . Kebetulan saya sedang belajar mnulis blog tentang konstruksi bangunan.

    ReplyDelete
  5. Kamu belum punya inspirasi buat baju kerja ? jangan khawatir yuk simak 10 model baju kerja wanita

    ReplyDelete
  6. I am glad that I saw this post. It is informative blog for us and we need this type of blog thanks for share this blog, Keep posting such instructional blogs and I am looking forward for your future posts. Python Projects for Students Data analytics is the study of dissecting crude data so as to make decisions about that data. Data analytics advances and procedures are generally utilized in business ventures to empower associations to settle on progressively Python Training in Chennai educated business choices. In the present worldwide commercial center, it isn't sufficient to assemble data and do the math; you should realize how to apply that data to genuine situations such that will affect conduct. In the program you will initially gain proficiency with the specialized skills, including R and Python dialects most usually utilized in data analytics programming and usage; Python Training in Chennai at that point center around the commonsense application, in view of genuine business issues in a scope of industry segments, for example, wellbeing, promoting and account. Project Center in Chennai

    ReplyDelete