Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Dan Tips Sukses Menghadapi Seleksi CPNS 2023

Strategi Sukses Menghadapi Seleksi CPNS 2019
Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 pada Minggu, 17 September 2023.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang diperlukan. Jumlah tersebut untuk 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Rinciannya, alokasi untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 CPNS dan 49.959 PPPK. Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan, dan 42.826 PPPK teknis.

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan CPNS tahun 2023 ini. Jika pada rekrutmen sebelumnya pemerintah membuka lowongan CPNS untuk instansi pusat dan juga daerah, kini CPNS hanya diperuntukan bagi instansi pusat saja.

Sementara instansi daerah tidak ada lowongan CPNS, melainkan PPPK.

Jika pada tahun lalu, 2019 anda masih kurang beruntung maka pada 2023 ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang menghendaki untuk mengabdikan diri sebagai aparatur negara. Persiapan yang dilakukan sedini mungkin semestinya akan menghasilkan peluang lebih besar untuk diterima. Salah satu persyaratan agar dapat diterima menjadi CPNS adalah lolos seleksi Kompetensi Dasar.

Terdapat 7 tahapan seleksi CPNS 2023 yang penting untuk Anda ketahui, agar segala sesuatunya bisa kamu persiapkan dengan matang, sehingga mengantarkan Anda sebagai salah satu peserta yang lolos seleksi CPNS tahun ini.
  1. Pendaftaran akun melalui link resmi https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Memilih formasi yang tersedia
  3. Seleksi administrasi
  4. Pelaksanaan tes SKD CAT yang terdiri dari TWK, TIU, TKP
  5. Pengumuman lulus tes SKD
  6. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang yang meliputi SKB CAT, Wawancara, Tes Kesehatan dan lain-lain.
  7. Pengumuman kelulusan, yang diputuskan berdasarkan hasil dari 40% SKD dan 60% SKB.
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) PNS 2023 terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum( TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berikut jumlah soal masing-masing jenis tes:
  1. TWK: 30 butir soal
  2. TIU: 35 butir soal
  3. TKP: 45 butir soal
TWK dan TIU: Jawaban benar bernilai 5, jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0
TKP: Jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan paling tinggi 5, tidak menjawab bernilai 0

Nilai kumulatif tertinggi SKD 2023: 550, dengan Rincian nilai tertinggi per tes:
  1. TWK: 150
  2. TIU: 175
  3. TKP: 225
Berikut nilai ambang batas SKD 2023 bagi peserta umum dan khusus:
  1. TWK: 65
  2. TIU: 80
  3. TKP: 166
Nilai ambang batas khusus lulusan cum laude: nilai kumulatif SKD paling rendah 311, nilai TIU paling rendah 85
Nilai ambang batas khusus lulusan diaspora: nilai kumulatif SKD paling rendah 311, nilai TIU paling rendah 85
Nilai ambang batas khusus penyandang disabilitas: nilai kumulatif SKD paling rendah 286, nilai TIU paling rendah 60
Nilai ambang batas khusus putra-putri Papua: nilai kumulatif SKD paling rendah 286, nilai TIU paling rendah 60
Aturan tentang nilai ambang batas SKD CPNS 2023 di KepmenpanRB No 651 Tahun 2023 berlaku mulai 13 September 2023.

Trik Mengerjakan Soal CPNS : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Peringkat test skd
Hasil Test SKD Admin Ilmubeton.com 

Belajar dari seleksi cpns tahun lalu dan kurang lebih akan sama pada seleksi cpns 2019, Seleksi Kompetensi Dasar mengujikan tiga hal, yakni:
  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 30 butir soal, 
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) sebanyak 35 butir soal, dan
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 45 butir soal. 
Berikut ini beberapa tips dalam mengerjakan soal-soal seleksi kompetensi dasar yang bisa anda pedomani.

Tips Mengerjakan Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal Tes Karekteristik Pribadi (TKP) pada dasarnya adalah tes yang menilai sikap dan respon seseorang terhadap kasus yang diajukan atau dengan kata lain menilai kepribadian orang tersebut. Pada bagian TKP, soal yang diberikan dikelompokkan menjadi submateri sebagai berikut.
  1. Pelayanan publik;
  2. Sosial budaya;
  3. Teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Profesionalisme;
  5. Jejaring kerja;
  6. Integritas diri;
  7. Semangat berprestasi;
  8. Kreativitas dan inovasi;
  9. Orientasi pada pelayanan;
  10. Orientasi kepada orang lain;
  11. Kemampuan beradaptasi;
  12. Kemampuan mengendalikan diri;
  13. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  14. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  15. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan
  16. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
Penilaian soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berbeda dengan penilaian TIU maupun TWK. Tidak ada jawaban benar mutlak di TKP. Setiap soal pilihan ganda memiliki bobot nilai 1-5. Jawaban terbaik mendapatkan nilai 5 dan yang terendah adalah 1. Karena ini adalah soal yang menilai kepribadian seseorang, semestinya jawaban soal TKP adalah tergantung hati nurani peserta tes. Namun untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam TKP, ada beberapa strategi yang dapat dipakai.

Strategi Menjawab Soal TKP

1. Pilih jawaban yang paling baik sesuai dengan kondisi paling ideal dengan poin tingkatan prioritas submateri karakteristik pribadi TKP. 

Submateri: Pelayanan publik, ciri soalnya terdapat unsur kebijakan publik, strategi menjawab pilih ciri yang paling menguntungkan masyarakat banyak.

Submateri: Teknologi informasi dan komunikasi, ciri soal terdapat unsur teknologi/komputer strategi menjawab cari yang paling maju/canggih.

Submateri: Orientasi kepada orang lain, ciri soal menggambarkan situasi dalam kelompok, strategi menjawab pilih yang berorientasi pada orang lain didalam tim/kelompok

submateri: kemampuan beradaptasi, ciri soal ada hal baru yang masuk baik itu sistem, atasan atau rekan kerja atau kita yang masuk lingkungan baru, strategi pilih jawaban yang mencerminkan supel, adaptif, komunikatif dan mau mencoba hal baru yang ada.

submateri: integritas diri, ciri soal ada gangguan ke arah korupsi, curang, strategi menjawab pilih jawaban yang mengarah ke bersih, tanpa korupsi, jujur.

submateri: kemampuan mengendalikan diri, ciri soal ada ujian misalnya gagal ujian, rugi, bangkrut, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan diri untuk instropeksi dan menerima kesalahan.

submateri: kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, ciri soal ada situasi yang menghalangi menyelesaikan tugas seperti sakit, tugas lain, rapat mendadak, strategi menjawab pilih jawaban yang mengerjakan tugas oleh diri sendiri dan tugas selesai.

submateri: kemauan dan kemampuan belajar berkelajutan, ciri soal ada unsur diklat, bimbel, kursus atau les, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan keinginan belajar yang tinggi dan terus menerus.

submateri: sosial budaya, ciri soal ada unsur kebijakan publik, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan bersih tanpa korupsi, jujur.

submateri: jejaring kerja, ciri soal ada unsur pergaulan, koneksi, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan sikap supel dan terbuka pada orang lain.

submateri: profesionalisme, ciri soal ada gangguan pekerjaan atau ada pilihan pekerjaan dengan sesuatu yg lain, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan sikap fokus pada pekerjaan apapun gangguannya.

submateri: kemampuan mengkoordinir, ciri soal ada unsur menggerakkan orang lain tang biasanya posisi kita sebagai pimpinan/atasan, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan perintah kepada orang lain secara jelas.

submateri: kemampuan bekerja sama dalam kelompok, ciri soal ada unsur tugas kelompok atau tugas tim khusus, strategi menjawab pilih jawaban yang mencerminkan bekerja sama dalam kelompok.

Contoh:
Dalam mengerjakan tugas rutin di kantor, saya…
A. Mengerjakan tugas dari yang paling mudah baru yang rumit.
B. Mengerjakan tugas dengan cara yang sama berulang-ulang.
C. Mencari cara baru yang lebih efektif dan efisien.
D. Menggunakan cara yang disarankan oleh rekan kerja.
E. Melakukan pekerjaan sesuai cara yang diperintahkan atasan.

Tidak ada yang salah dari semua pilihan jawaban. Hanya saja yang paling baik adalah pilihan C. Mencari cara baru yang lebih efektif dan efisien, sebab hal ini mencerminkan kreatifitas dan inovasi.

2. Pada setiap soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), biasanya akan ditampilkan judul submateri tiap pertanyaan. Pilihlah jawaban yang berhubungan dengan judul sub materi terutama ketika semua jawaban terlihat benar.

Contoh:

Orientasi Pada Pelayanan
Saya melihat seorang rekan kerja di kantor melakukan pungutan terhadap orang yang datang ketika seharusnya jasa yang diberikan adalah gratis.
A. Saya akan melaporkan hal tersebut pada atasan yang lebih berwenang.
B. Hal tersebut merugikan orang-orang yang datang dan tidak sesuai dengan semangat dalam melayani orang.
C. Hal tersebut melanggar hukum dan tidak sepantasnya dilakukan oleh rekan saya.
D. Saya akan menegur rekan saya agar tidak melakukan hal tersebut.
E. Hal tersebut sah-sah saja karena banyak dilakukan oleh orang lain juga

Kecuali pilihan E, semua jawaban lainnya terlihat benar. Akan tetapi karena pertanyaan tersebut di bawah sub materi orientasi pada pelayanan maka jawaban yang paling tepat adalah pilihan B.

3. Jawablah soal TKP secara konsisten.

Dalam beberapa kasus, sering kali peserta mendapatkan soal yang mirip dua kali. Jika ini anda dapati, konsisten lah dan pilih jawaban yang sama untuk menjawab soal yang mirip tersebut.
skor nilai TKP dinilai secara kombinasi, artinya tiap soal tidak berdiri masing-masing.

Contohnya, kombinasi tiga soal dengan jawaban (A)-(A)-(A) akan memberikan skor 15, dan untuk soal yang sama, kombinasi tiga soal dengan jawaban (A)-(A)-(B) hanya akan memberikan skor 8. Pada kasus ini penilaian oleh sistem adalah menilai konsistensi sikap anda dalam menjawab suatu soal.

B. Tips Mengerjakan Soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) dibagi menjadi beberapa submateri, yaitu:
  1. Kemampuan verbal: kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan;
  2. Kemampuan numerik: kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka;
  3. Kemampuan figural: kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram;
  4. Kemampuan berpikir logis: kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  5. Kemampuan berpikir analitis: kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

1. Trik Mengerjakan Tes Kemampuan Verbal

- Untuk menghadapi tes kemampuan verbal salah satu resepnya adalah perbanyak membaca buku, koran, serta artikel-artikel yang ada. Catat daftar kata yang anda tidak ketahui artinya dan bukalah KBBI untuk membantu anda memahami maksud kata tersebut.

- Untuk tes semacam sinonim dan antonim jangan memilih pilihan yang bunyinya mirip dengan kata di soal karena biasanya jawaban yang demikian berfungsi untuk menjebak anda. Telitilah dan jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal.

Contoh :
Tentara : Senapan = Petani : …
A. Sawah
B. Cangkul
C. Air
D. Padi
E. Lumbung

Jawaban yang benar adalah B. Cangkul. Tentara menggunakan Senapan, Petani menggunakan Cangkul.

Contoh Soal Padanan Kata:
Kakak tua : Merpati
A. gajah : semut
B. elang : kupu-kupu
C. gurame : lele
D. kambing : kerbau
E. Ayam : Bebek

Apa yang akan anda pilih? Kelima pilihan sama-sama binatang. Cobalah untuk mencari hubungan yang lebih khusus. Kakak tua dan merpati sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame dan lele karena sama-sama ikan.

2. Tips Mengerjakan Tes Kemampuan Numerik

- Untuk jenis soal pola bilangan maka pola yang bisa ditebak umumnya berupa penjumlahan, perkalian, pembagian, pengkuadratan dan lain-lain.
- Jika deret/angka tidak teratur (angka naik tapi kemungkinan ada yang turun
atau angka kembar di tengah) kemungkinan terdiri dari gabungan lebih satu deret.

Contoh:
21, 8, 34, 21, 47, … , …
A. 34, 66
B. 34, 60
C. 24, 66
D. 24, 56
E. 24, 50
Dapatkah Anda menemukan polanya? Jawaban yang benar adalah B.

- Jika ada dua angka kembar di depan atau terlihat memisah umumnya angka berikutnya hasil penjumlahan dari dua angka sebelumnya.

Contoh:
11, 12, 23, 45, 68, …
A. 102
B. 103
C. 112
D. 113
E. 117
Jika Anda dengan cepat memilih D maka saya anggap Anda sudah paham.

- Dalam mencari hasil akhir, anda TIDAK HARUS menemukan secara detail.
Sebagian jawaban bisa dicari dengan menggunakan nilai pendekatan. Carilah pendekatan ke bilangan yang bulat atau yang lebih mudah dihitung.

- Pelajari rumus-rumus dasar matematika, seperti satuan ukuran, barisan dan deret, perbandingan, statistika, peluang dan bangun ruang.

Contoh:
U2 + U5 + U50 = 165, berapakah nilai U19?
A. 35
B. 45
C. 55
D. 65
E. 75

Deret yang perlu dilanjutkan mengikuti rangkaian bilangan dengan urutan tertentu adalah sebagai berikut.

Deret Larik

Deret larik menggunakan deret angka yang dapat terbagi menjadi beberapa larik.

Pola 1 larik

pola 1 larik
Pola 1 larik

Pola 2 larik

Pola 2 larik
Pola 2 larik

Pola 3 larik

Pola 3 larik
Pola 3 larik

Deret Fibonacci

Dua angka pertama merupakan nilai awal. Angka dalam deret ini merupakan jumlah dari dua angka sebelumya.
Deret Fibonacci
Deret Fibonacci


Deret Tingkat

Deret tingkat merupakan deret bilangan yang aturannya bertingkat
deret tingkat
deret tingkat

Tips dan Trik

Adapun tips dan trik cara untuk menyelesaikan deret angka dan huruf adalah sebagai berikut,
  1. Carilah pola atau irama angka atau huruf dari barisan yang ada pada soal. Caranya adalah dengan memperhatikan perubahan antara satu angka dengan angka berikutnya.
  2. Semua angka yang ada pada soal tidak boleh diabaikan
  3. Walaupun test ini berbentuk tes deret, tetapi cara pengerjaannya tidak perlu menggunakan rumus pada deret aritmetika maupun geometri. Anda dapat menemukan pola pola tersebut melalui diagram. Logika tersebut dapat terbentuk melalui sering berlatih soal.
  4. Selesaikan dengan cermat, teliti dan perhatikan alokasi waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal.
  5. Pola deret angka biasanya berbentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pemangkatan, atau kombinasi dari semua operasi tersebut, sedangkan pola deret huruf biasanya melompat satu huruf, dua huruf dan seterusnya.
  6. Dalam mengerjakan soal deret huruf, anda lebih baik membuat terlebih dahulu daftar huruf abjad mulai huruf "A" sampai dengan huruf "Z".

3. Tips Mengerjakan Tes Kemampuan Figural

Ini seperti membaca pola. Maka temukan pola urutan dalam gambar kemudian lanjutkan. Atau bisa jadi adalah pola pasangan. Temukan gambar yang sesuai.

4. Tips Mengerjakan Tes Kemampuan Berpikir Logis

- Beberapa bentuknya adalah soal-soal perbandingan yang biasanya
memiliki ciri-ciri memuat kata “lebih” atau “daripada”, maka solusi termudah adalah digambar atau ditulis.
- Seringkali dijumpai kata-kata “semua” atau “sementara”. Jika anda menemukan kata “sementara”/ “ada” / “sebagian” / “beberapa” / “mungkin semua”, maka
artinya adalah tidak semua atau minimal satu anggota, dalam gambar digunakan dua tanda panah. Jika menemukan kata “semua/setiap” maka artinya adalah seluruh.

Tips Khusus Mengerjakan Soal Tes CPNS CAT.

- Jangan terpaku dan terlena pada satu soal yang menarik/sulit. Jika satu soal telah menghabiskan waktu anda sampai 2 menit maka tinggalkanlah dan beranjak pada soal berikutnya. Seperti yang telah diinformasikan oleh BKN melalui akun twitternya, jumlah soal ada 100 butir dan waktu yang disediakan hanya 90 menit. Ini berarti rata-rata waktu untuk mengerjakan 1 buah soal kurang dari 1 menit.

- Setiap kali anda membaca sebuah soal anda harus sudah mempunyai jawaban yang akan dipilih. Jika keyakinan jawaban itu benar kurang dari 50% maka berilah tanda ragu di tombol sebelah kanan layar. Jika di akhir masih ada sisa waktu, anda bisa mengerjakannya kembali.

- Tips yang terakhir dan terbukti cukup ampuh adalah membaca materi dan berlatih mengerjakan soal sebanyak dan sesering mungkin agar pikiran anda terlatih menemukan jawaban yang paling tepat dan cepat.

Berikut beberapa contoh soal yang bisa mengasah dan menambah perbendaharaan kata dan pengetahuan anda dalam menghadapi seleksi cpns 2023. Silahkan anda klik dan baca.
  1. 80 Contoh Soal CPNS 2019 Tes Persamaan Kata (Sinonim-TIU) Beserta Kunci Jawaban
  2. 50 Contoh Soal CPNS/PPPK Seleksi Kemampuan Bidang ( SKB) Subtansi Formasi Ekonomi Beserta Kunci Jawaban
  3. Download Kumpulan Soal Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) CPNS Semua Jurusan
  4. 50 Contoh Soal dan Pembahasan Tes CPNS/PPPK Wawasan Kebangsaan (TWK-TKD) Bidang Ideologi, Politik, Hankam, Hukum dan HAM
  5. 50 Contoh Soal CPNS/PPPK 2019 Tes Kemampuan Bidang ( TKB) Pendidikan Beserta Kunci Jawaban
  6. 50 Contoh Soal CPNS/PPPK Seleksi Kemampuan Bidang ( SKB) Kesehatan Beserta Kunci Jawaban
  7. 60 Contoh Soal CPNS 2019 Tes Deret Hitung (TIU) Beserta Kunci Jawaban
  8. 40 Contoh Soal PPPK Kemampuan Manajerial Beserta Kunci Jawaban
  9. 110 Contoh Soal dan Pembahasan CPNS 2019 Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  10. Tips dan Trik Menjawab Soal Antonim Beserta Contoh Soal dan Jawaban
  11. Tips dan Trik Menjawab Soal Analogi Beserta Contoh Soal dan Jawaban
  12. Tips dan Trik Menjawab Soal Deret Angka dan Deret Huruf

Persiapan Faktor Non Teknis

Berdoa

Berdoa adalah sesuatu hal yang tidak kalah penting agar anda bisa lulus Ujian. Dengan berdoa anda bisa mendapatkan kekuatan yang tidak terlihat untuk melaksanakan ujian. Hati di tenangkan sehingga menambah kekuatan dan kepercayaan diri sebelum melaksanakan ujian

Meniatkan yang baik, selalu berdoa dan memohon kepada Allah, meminta doa restu dari kedua orang tua/guru-guru kita dan senantiasa berpikiran positif insya Allah akan mempermudah kita dalam mencapai cita-cita lulus seleksi CPNS

Mempelajari dan Mengikuti Tata Tertib Ujian

Pahami dengan seksama tata cara dan tata tertib ujian yang bisa anda lihat pada saat mengambil kartu peserta ujian atau tercantum di kartu ujian, Tata tertib ini juga bisa anda lihat di masing masing instansi. Jadi untuk melihat tata tertib ujian tidak sama antara Instansi yang satu dengan yang lainnya.

Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal penting, jangan sampai terabaikan oleh anda. Menjelang ujian yang semakin dekat tentu kamu akan dihadapkan dengan lebih banyak kegiatan, baik itu belajar contoh soal, hingga kesibukan mengurus dokumen atau survei tempat lokasi.

Kalau sakit, bagaimana caranya kamu dapat belajar atau ujian dengan baik? Apalagi jika di hari H ujian kamu malah tidak bisa mengikuti ujian karena jatuh sakit, padahal kamu sudah berjuang belajar selama ini. Maka, jagalah terus kesehatanmu dengan menjaga pola makan, tidur teratur, dan minum vitamin untuk daya tahan tubuh

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Persiapkan dokumen jauhari sebelum seleksi cpns dibuka. Jangan cuma cek ada tidaknya dokumen asli seperti ijazah, ktp atau foto, tapi cek juga fotocopy an nya, ada tidaknya dokumen copy leges/legalisir.

Selain itu scan berkas dan kumpulkan didalam satu folder. Jika anda kesulitan membuat file dan atau memproses berkas anda ke dalam file anda bisa menambah referensi pengetahuan anda dengan membaca beberapa artikel berikut,
Itulah beberapa strategi untuk mengerjakan soal tes CPNS tahun 2023. Jangan lupakan juga faktor-faktor non teknis agar pada saat seleksi cpns dibuka Anda sudah siap secara teknis dan non teknis.

Akhirnya, selamat belajar dan berjuang. Semoga postingan yang sedikit dan banyak kekurangannya ini dapat memberikan kontribusi untuk kelulusan Anda dalam seleksi CPNS.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Strategi Dan Tips Sukses Menghadapi Seleksi CPNS 2023"