About

Rencana Pemeliharaan Alat Berat


Kita semua pasti menginginkan sebanyak-banyak manfaat (utilitas) dari peralatan yang  kita miliki.  Ini berarti  kita harus  memaksimalkan waktu  sebelum terjadi kerusakan alat tak terduga. Namun sayangnya, ada beberapa pemilik  alat melakukan kiat yang salah dengan  mencoba memperpanjang waktu  interval di antara dua jadwal perawatan alat yang  berakibat perawatan biaya tinggi  dikemudian hari.

Alat-alat berat  sebagai  aset perusahaan, harus  dipelihara, dirawat
dan  dikelola dengan baik  agar  selama umur ekonomisnya menguntungkan perusahaan dan  bermanfaat mendukung penyelesaian suatu pelaksanaan pekerjaan yang  sedang dikerjakan atau dengan kata  lain haruss  berdaya guna  tinggi. Oleh  karena itu pemeliharaan alat berat sangatlah memegang peranan penting sekali  dan  erat  hubungannya dengan pengoperasian alat  untuk  mendukung tercapainya kesiapan alat dalam  memenuhi fungsinya menunjang pelaksanaan proyek. Pelaksanaan pemeliharaan  alat  dengan tertib dan  baik akan  membuahkan  kondisi alat yang prima dengan  hasil produksi  yang maksimal.
Agar  kondisi  alat di atas dapat  tercapai, perlu  diperhatikan beberapa  petunjuk penting, di antaranya:

  1. Pelaksanaan  pemeliharaan  dengan  kategori  periodik,  harus berpedoman pada jadwal penggunaan dan ketentuan pelaksanaan perawatan yang dicantumkan didalam buku petunjuk manual pemeliharaan alat yang  dikeluarkan oleh  pabrik pembuat.
  2. Perlu  dipahami ketentuari  dan  cara  pemeliharaan sebagaimana yang  dicantumkan dalam buku  petunjuk manual pemeliharaan atau petunjuk-petunjuk yang didapat dalam literatur-literatur peralatan.
  3. Semua   komponen alat  hams   dilakukan pemeliharaan  periodik sesuai jadwal  yang telah ditentukan  didalam  manual pemeliharaan.
  4. Pemeliharaan  harus  dilakukan oleh  mekanik yang  mampu dan kompeten, agar  pemeliharaannya terlaksana dengan  benar.
  5. Setiap alat sebaiknya dibuatkan  buku Riwayat Alat, setiap kali melakukan  pemeliharaan  atau  perbaikan  alat dicatat  di  buku Riwayat Alat. Catatan tersebut mencakup :  tanggal pemeliharaannya kapan, mekanik atau bengkel yang mengerjakan, bahan atau suku cadang apa yang dipakai atau diganti, estimasi biaya, dsb.
  6. Setiap penggantian suku cadang, perlu diteliti data sebelumnya dan apa penyebab kerusakannya.
  7. Untuk pemeliharaan  harian, dilakukan sebelum alat beroperasi dan operator alat dilibatkan.
  8. Untuk pemeliharaan  mingguan atau bulanan harus dijadwalkan agar tidak mengganggu keseimbangan kombinasi alat di lapangan yang berakibat menurunnya produksivitas atau progres lapangan.
  9. Biaya pemeliharaan dan perbaikan dicatat dalam buku khusus.


Guna menjaga alat jangan  sampai rusak selama dipakai untuk penyelesaian  suatu pekerjaan agar pelaksanaan  proyek tepat waktu sesuai yang telah ditetapkan dan menjamin kontinuitas alat, alat berat harus dijaga kondisinya selalu siap operasi sepanjang waktu dengan menerapkan  Preventive Maintenance Schedule  (PMS) atau jadwal pemeliharaan pencegahan. Sistem pemeliharaan ini hanya dapat berhasil dengan baik, jika petugas (termasuk manajemennya) mempunyai kesadaran terhadap pemeliharaan alat.

0 Response to "Rencana Pemeliharaan Alat Berat"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel